Single Sign On: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Kekurangannya!

Beberapa fitur seperti, Single Sign On (SSO) dan sistem autentikasi multifaktor (MFA). Mari kita pelajari tentang pengertian dan cara kerja serta manfaat dan kurangnya fitur SSO berikut ini ya.

Jadi, upaya login dan pembobolan knowledge oleh pengguna lain sangat minim sekali potensi keberhasilannya. Karena single sign up menerapkan autentikasi dua faktor yang mewajibkan pengguna untuk memasukan token base setelah menginput username dan password.

Token base ini, dapat masuk ke dalam nomor ponsel atau e-mail pengguna. Serta akan berfungsi sebagai kode akses masuk sekali pakai atau autentifikasi multifaktor (MFA).

Masuk Akses

Dari segi sistem keamanan, SSO memiliki fitur akses log. Akses log merupakan sistem pencatatan knowledge yang berisi catatan riwayat upaya login yang pernah dilakukan dalam sebuah aplikasi atau situs net.

Artinya, Anda dapat mendeteksi siapa saja yang berusaha masuk ke dalam platform web site atau aplikasi Anda. Selain itu, SSO juga akan mencatat waktu login, perangkat yang digunakan, dan berapa kali jumlah upaya login dari pengguna lain tersebut.

Lebih Efektif Secara Kredensial

Karena dapat mengakses aplikasi dan web site pihak ketiga dengan sangat mudah, konsep single sign up sangat perlu bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Ketika menerapkan sistem integrasi ini, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan login dan membuat akun ketika hendak mengakses aplikasi pihak ketiga.

Tentu, hal ini bermanfaat ketika Anda ingin melakukan multitasking dalam mengakses knowledge atau keperluan lain di aplikasi pihak ketiga. Jadi, sistem SSO akan secara otomatis membuka akun Anda untuk dapat masuk dengan satu akun saja untuk login ke aplikasi pihak ketiga tersebut.

Kekurangan Sistem Single Sign On

Nah, setelah mengetahui mengapa perlu menggunakan sistem SSO dalam sebuah aplikasi dan situs net, kali ini Anda akan mengetahui beberapa kekurangan dari sistem SSO. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Kredensial Hanya Mampu Mengakses Satu Akun

Kekurangan pertama dari sistem SSO terletak pada sistem autentifikasi dan jumlah login yang dapat mengakses sistem ini. Jadi, sistem ini hanya mampu mengakses satu knowledge akun saja.

Jadi, pengguna baru yang ingin melakukan login ke aplikasi atau web site perlu melakukan reset knowledge username dan password terlebih dahulu. Selain itu, bagi aplikasi dan web site yang bersifat common, tentu saja sistem SSO sangat kurang efektif.

Terlebih lagi, jika web site atau aplikasi tersebut memiliki tingkatan trafik yang cukup tinggi. Oleh karena itu, konsep SSO ini LEBIH cocok untuk web site atau aplikasi administrator saja. Fungsinya, agar hanya ada satu knowledge administrator yang dapat mengakses aplikasi atau situs net tersebut.

2. Tidak ada Sign Off Sistem pada Aplikasi Pihak Ketiga

Kekurangan sistem SSO terakhir, yaitu tidak adanya sistem single log off atau logout otomatis pada aplikasi pihak ketiga. Jadi, ketika Anda mengakses aplikasi pihak ketiga dengan informasi knowledge pada akun SSO, Anda perlu melakukan logout guide pada aplikasi pihak ketiga tersebut.

Hal tersebut pasti terjadi mengingat sistem SSO hanya akan mengamankan upaya login pada aplikasi utama saja. Jadi ada baiknya ketika Anda mengakses aplikasi atau web site pihak ketiga dengan sistem SSO, lakukan logout ketika Anda selesai mengaksesnya.
Sudah Paham Tentang Single Sign On?
Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu single sign up, beserta cara kerja, manfaat, dan kekurangannya. Sistem SSO merupakan sistem yang terintegrasi dengan menggunakan metode autentifikasi faktor kedua dan multifaktor. Sistem ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi, namun tetap memiliki kekurangan.

Related Stories

Discover

Desain Kemasan Produk: Pengertian dan Tips Membuatnya

Membuat dan memasarkan sebuah produk memerlukan banyak hal pendukung. Salah satunya adalah kemasan. Adanya...

Micro Influencer: Pengertian, Kelebihan serta Ratenya

Pada dasarnya, micro influencer adalah pengguna media sosial yang mempunyai jumlah pengikut antara 10...

Apa itu Brand Exposure? Definisi, Manfaat, dan Tips Meningkatkannya

Pernahkah Anda mendengar istilah brand exposure? Banyak orang mengira brand exposure dan marketing adalah...

Apa Itu Content Plan? Contoh serta Cara Membuatnya

Content plan adalah bagian penting dalam dunia konten digital marketing yang tidak boleh Anda...

Hal Menarik, Tempat Baru di Kota Pematang Siantar 2023

Apa kamu sangat penasaran dengan kota Pematang Siantar yang dimana memiliki slogan "Sapangambei Manoktok...

Apa itu DVR dan NVR, dan Rekomendasi Pilihan Terbaik

DVR adalah Digital Video Recorder, sedangkan NVR adalah Network Video Recorder. Alat tersebut merupakan...

Popular Categories

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version