26.2 C
Pematangsiantar
Sabtu, November 26, 2022

Artikel Terbaru

12 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Website Kamu

- Advertisement -

Nama domain merupakan hal yang penting ketika kamu ingin memiliki Website sendiri maupun Website Bisnis. Domain adalah nama yang akan sering muncul dan dijumpai melalui penelusuran internet maupun lainnya.

Domain juga sebagai identitas kamu di internet karena itu tujuan pemilihan nama domain sama dengan menentukan nama untuk perusahaan atau bisnis yang akan kamu buat.

Nama Domain yang Kreatif atau Unik

Nama domain adalah identitas website-mu di internet, karena itu sebisa mungkin memilih nama yang kreatif atau unik dan Brandable tentu saja. Dengan nama yang brandable nantinya kamu bisa melakukan branding dengan mudah.

Nama domain juga akan menjadi nama yang akan dicari, diingat, dan disebarkan oleh pengunjung websitemu.

Sedangkan yang dimaksud dengan brandable adalah nama domain exceptional alias luar biasa, tidak hanya unik. Lalu bagaimana cara mendapatkan nama yang Brandable?

  • Bisa dengan membuat kata atau istilah baru yang menarik perhatian, sebisa mungkin mudah diingat
  • Bisa dengan mencari kata yang jarang digunakan dalam keseharian namun kalau bisa jangan sama atau bisa akan lebih menarik “membelokkan” kata. Seperti nama brand Goola yang kata aslinya adalah ‘gula’
  • Bisa dengan kata-kata generator yang saat ini sudah banyak di internet dan pilih yang cocok dengan dirimu

Nama Domain yang Mudah Diketik

Pilihlah nama domain yang mudah diketik oleh pelangganmu nanti. Walaupun kreatif dan brandable tapi harus juga mudah diketik

Nama Domain yang Singkat dan Mudah Diingat

Jangan pilih nama domainmu panjang dan sulit diingat karena tidak semua pelangganmu bisa mengingat atau mengenali domainmu atau bahkan mereka juga akan kesulitan mengeja bahkan mengetik alamat domainmu.

Jadi gunakan nama domain yang pendek saja tapi bagus dan pilih nama domainmu tidal lebih dari 17 karakter.

Kata Kunci Industri dalam Domain

Jika jenis websitemu jenis bisnis, maka dapat memakai kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan bisnismu. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis laundry pakaian, masukkan kata “laundry” di nama domain.

Itu juga akan membantu SEO Websitemu agar muncul di halaman pertama hasil pencarian dan hasilnya traffic website-mu juga akan meningkat.

Potensi atau Risiko Jangka Panjang

Sebaiknya memilih nama domian yang akan berlaku jangka panjang. Menggunakan kata kunci pada domian memang disarankan namun sebaiknya, pertimbangkan kembali nama apa yang akan kamu gunakan.

Kamu jug harus mempertimbangkan, apa tujuan utamamu membuat website ini. Jika memilih istilah-istilah yang sedang tren atau gaul saat ini, besar kemungkinan beberapa waktu setelahnya orang-orang akan sulit mengingat nama domainmu. Karenanya carilah nama domain yang could last for a lifetime atau dapat diingat selamanya.

Nama domainmu juga menentukan reputasi website-mu di mesin pencari Google. Jika suatu hari  kamu mengganti nama domain maka reputasimu di Google Search akan dimulai dari awal lagi.

Ekstensi Nama Domain dengan Target Area

Kamu perlu mempertimbangkan ekstensi domain yang hendak kamu gunakan jika targetmu pelanggan di Indonesia. Kamu bisa menggunakan ekstensi .co.id atau .id jika ingin mengkhususkan target pembaca bagi orang Indonesia, tidak hanya memakai .com.

Domain yang Mudah Diingat

Miliki nama domain yang menarik dan mudah diingat. Nama domain, sebisa mungkin ada nilai yang tersimpan di balik nama domainmu, jadi orang akan lebih mudah mengenali dan mengingatnya

Riset untuk Nama Domain

Pastikan bahwa nama domainmu belum pernah digunakan oleh pihak lain karenanya riset adalah langkah yang baik.  Kalau pun pernah dipakai, pastikan reputasi domain tersebut tidak buruk. Kamu bisa cek sejarah domain itu di Wayback Machine

Identitas yang Sama dengan Medsos

Samakan atau miripkan nama domainmu dengan nama akun medosmu, tujuannya agar dapat membangun kredibilitas branding bisnis, organisasi, maupun personal. Selain meningkatkan kredibilitas, identitas online-mu juga bisa semakin dikenal.

Hindari Pemilihan Angka atau Tanda Sambung

Jangan menggunakan angka ataupun tanda sambung untuk nama domain. Kata sambung bisa membuat nama domainmu jadi lebih rumit. Misalkan Facebook dibuat kata sambung menjadi “Face” dan “Book” atau menjadi “Face-book”, terlihat kurang efektif? Maka, kurangi memilih angka dan kata sambung

Ekstensi yang Tepat

Ekstensi domain adalah susunan huruf yang terletak di akhir domain seperti .com, .org, .net, dsb. Sampai saat ini, .com adalah ekstensi domain yang paling populer sehingga mungkin kamu akan lebih sulit menemukan nama domain yang sesuai dengan keinginanmu.

Lindungi Reputasi Website dan Domain

Demi menjaga reputasi nama website-mu, kamu bisa membeli domain dengan beberapa ekstensi berbeda. Tujuannya, agar oknum tak bertanggung jawab tidak membeli domainmu dan mengisinya dengan konten tidak pantas.

Jika 12 Tips Memilih Nama Domain di atas sudah kamu lakukan dan berjalan dengan baik, jangan lupa untuk terus membangun reputasi baik nama domainmu.

Buatlah website-mu dengan konten-konten menarik yang disertai dengan backlink secukupnya. Atau kamu bisa melakukan kerja sama dengan pemilik website atau pemilik bisnis lainnya untuk berkolaborasi mempromosikan website atau konten di website.

Latest Posts

Jangan Terlewatkan!

Artikel ke Email

Agar mendapatkan informasi terbaru dari #boimeningkat silahkan konfirmasi alamat email Anda disini