28.9 C
Pematangsiantar
Sabtu, November 26, 2022

Artikel Terbaru

Pengertian, Contoh, dan Peran Penting Desain Grafis

- Advertisement -

Grafik atau Grafis adalah aplikasi komunikasi yang terlihat. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan khalayak untuk menangkap konten atau makna yang tersirat dalam sebuah poster, pamflet, atau produk desain lainnya. Bagi yang masih bingung, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini ya.

Apa itu Desain Grafis?

Grafik atau grafis adalah bentuk seni kreatif yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah komunikasi melalui campuran bagian grafis, misalnya warna, bentuk, dan kontur.

Visible yang dibuat dari proses desain ini dituntut untuk menjadi cara yang mudah dalam menyampaikan information atau pesan yang lebih baik selain menarik perhatian.

Selain itu Anda harus tahu bahwa dalam grafik, tulisan juga dikenal sebagai gambar. Karena tulisan merupakan penerapan abstraksi dari simbol-simbol yang mungkin terdengar.

Intinya, banyak sekali poin yang harus dipahami dalam menjalankan grafis ini. Pengertian grafis biasanya dikenal dengan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Anda dapat menggunakan beberapa alat seperti Canva untuk menghasilkan desain grafis yang menarik.

Ragam dan Jenis Desain Grafis

Grafik adalah aplikasi komunikasi kasat mata yang komunikatif dan informatif pula. Nah, secara garis besar grafik ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu grafik bitmap dan grafik vektor. Berikut adalah jenis grafik yang perlu Anda pahami:

1. Identitas Visible (Visible Id)

Id yang terlihat atau id yang terlihat adalah sistem komunikasi yang terlihat yang bervariasi dan dapat berbicara tentang id dari nama merek, perusahaan, produk, atau pendirian. Id yang terlihat ini biasanya digunakan untuk memberikan perbedaan antara suatu barang dengan jasa dan produk lainnya.

2. Antarmuka Konsumen (UI)

Interface design atau antarmuka dikaitkan dengan bagaimana pelanggan bekerja sama pada ponsel atau perangkat lunak.

Antarmuka Konsumen ini terdiri dari semua masalah yang terkait dengan interaksi pengguna dengan tampilan antarmuka pengguna. Dalam grafis, desain UI ini berkonsentrasi pada pengalaman visible pengguna dan komponen grafis yang mendukung tampilan layar aplikasi.

Berikut adalah komponen grafis yang dapat Anda gunakan dalam membuat desain UI atau antarmuka:

  • Tombol
  • Tata letak atau structure
  • Menu navigasi
  • Desain aplikasi
  • Formulir kontak, pemesanan, register, dan beli
  • Tema web site, salah satu contohnya adalah WordPress, dan lain sebagainya.

3. Grafik Gerakan

Jenis grafik selanjutnya adalah grafik gerak. Sederhananya, movement graphics adalah sebuah departemen grafis yang menggabungkan ilustrasi, tipografi, gambar dan videografi.

Misalnya, grafik gerakan mirip dengan desain grafik biasa, tetapi matahari dan hujan yang membentuk tampilan dapat bergerak seperti animasi.

Sementara itu, fitur atau software program yang banyak digunakan untuk membuat movement graphic adalah Adobe After Outcomes, Energy Stage, Canva, atau sejenisnya. Grafik gerakan ini terdiri dari animasi, audio, tipografi, video, dan hasil lainnya yang digunakan di televisi, YouTube, dan Instagram.

Popularitas penggunaan movement graphics terus berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tampaknya sejalan dengan pengakuan YouTube terhadap kemajuan teknologi.

Jenis-jenis movement graphics tersebut antara lain:

  • Periklanan
  • Presentasi
  • Video tutorial dan promosi
  • Game titles
  • Cuplikan
  • Brand animasi
  • GIFs

4. Desain Grafis Publikasi

Perlu Anda ketahui bahwa jenis grafik ini sebenarnya adalah desain yang memanfaatkan tipografi sedemikian rupa sehingga menjadi keindahan tersendiri dalam pencetakan atau publikasi ilmu saraf.

Salah satu ilustrasi grafis ini adalah corak buku, majalah, surat kabar, katalog, dan lain sebagainya. Kemampuan lain yang harus Anda gunakan dalam membuat desain semacam ini adalah komunikasi dan kelompok.

Tampaknya subjek grafik ini akan terus berkembang dan juga akan sangat diperlukan dalam waktu dekat. Ketertarikan pada desainer spesialis dan ahli tentunya akan terus meningkat, yang berarti hal ini dapat membuka lapangan kerja yang lebih besar.

Jadi, jika Anda benar-benar berpikir untuk mengejar topik desain ini, maka bersiaplah segera untuk mengambil kesempatan atau alternatif ini.

Kebutuhan Pembuatan Desain Grafis

Grafik sangat erat kaitannya dengan gagasan dan komunikasi. Selain itu, grafik itu sendiri membuatnya lebih mudah untuk membuat information secara visible lebih menarik dan nyaman.

Jadi, dapat dikatakan grafik sangat penting bagi sebuah perusahaan. Alasan utama orang lebih suka menggunakan grafik daripada teks terjadi karena kecepatan penyerapan element. Lantas, apa pentingnya membuat desain grafis bagi sebuah perusahaan?

1. Menyampaikan Kesan Pertama kepada Klien

Pentingnya membuat desain grafis adalah untuk berbagi kesan pertama menjalankan bisnis. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kesan optimis bagi perusahaan Anda.

Itu karena interaksi pertama dengan klien akan menguraikan mannequin bisnis Anda.

2. Merupakan Pesan dari Mannequin

Anda harus menggunakan grafik untuk membagikan konten mannequin perusahaan Anda. Jika pesan mannequin dapat tersampaikan dengan baik, maka akan mampu menciptakan klien yang loyal terhadap mannequin perusahaan Anda.

3. Efisien dan Efektif

Grafik juga sangat penting untuk menemukan dan berbagi information dengan lebih mudah. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang memilih produk grafis daripada konten lainnya, terutama untuk promosi dengan social media.

Ingin Memanfaatkan Desain Grafis untuk Perusahaan Anda?

Ini adalah beberapa hal yang sebenarnya perlu Anda pelajari tentang apa itu grafik. Jadi, dengan grafik khusus ini, mudah dan menarik menyampaikan semua information mannequin perusahaan untuk audiens Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan ini, Anda harus menggunakan keahlian seorang seniman grafis profesional.

Latest Posts

Jangan Terlewatkan!

Artikel ke Email

Agar mendapatkan informasi terbaru dari #boimeningkat silahkan konfirmasi alamat email Anda disini